10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Obat

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat-obatan memang benar adanya. Sebab untuk menurunkan berat badan tidak hanya tergantung kepada olahraga ataupun obat-obatan saja, akan tetapi juga dapat dikikis dengan metode alami tanpa harus menggunakan keduanya. Baik itu dengan menggunakan makanan maupun tips sederhana lainnya yang sebenarnya sudah tersedia disekeliling kita.

Memang tidak bisa dipungkiri penyebab utama berat badan menjadi naik adalah makanan. Makanan yang dikonsumsi terutama yang banyak mengandung lemak dan kalori akan menyebabkan timbunan lemak di perut, paha, dan betis, sehingga tidak hanya berat badan saja yang akan naik drastis akan tetapi juga menyebabkan perut menjadi buncit. Beberapa kebiasan sehari-hari juga dapat memicu peningkatan berat badan karena itu perlu dihindari.

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Obat Obatan

Diluar sana memang banyak ditawarkan berbagai metode yang katanya dapat menuntaskan masalah berat badan berlebih dengan cepat dan tepat. Namun kebanyakan tidak terbukti khasiatnya dan bahkan yang menyedihkan malah dapat menimbulkan berbagai masalah atau efek samping. Untuk itulah postingan ini kami hadirkan agar anda terhindari dari berbagai masalah akibat efek samping menggunakan metode yang belum teruji kualitas dan keamanannya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan bila ingin mengurangi berat badan tanpa olahraga dan obat-obatan:

1. Fokuslah Saat Makan
Jangan biasakan makan sambil melakukan aktifitas dan rutinitas lain, misalnya sambil duduk di depan laptop atau nonton TV. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan beberapa ahli dan kemudian diposting dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bila makan sambil melakukan rutinitas lainnya akan menyebabkan makan tidak menjadi fokus. Saat makan tidak lagi fokus bukan hanya berat badan yang akan bertambah drastis, akan tetapi paha dan perut akan ikut membesar karena timbunan lemak meningkat.

Luangkan waktu sekitar 15 menitan saja khusus untuk makan, tanpa perlu diganggu dengan aktifitas lainnya. Dengan fokus makan hingga selesai tanpa menyibukan diri dengan kegiatan lainnya juga akan membantu agar sistem pencernaan senantiasa terjaga kesehatannya.

2. Pertahankan Suhu Tubuh
Mempertahankan suhu tubuh agar senantiasa hangat memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu pembakar lemak di tubuh. Menurut salah pakar kesehatan dari Harvard University, yaitu Dr. C Ronald Kahn menjaga suhu tubuh agar stabil dengan suhu 15.5ºC dengan menggunakan pakaian yang tepat dapat membakar lemak hingga 100-200 kalori setiap harinya.

Untuk itu sangat penting menjaga kestabilan suhu tubuh terutama saat cuaca dingin. Dengan menjaga suhu tubuh agar stabil dalam berbagai suhu, maka berat badan anda akan senantiasa terjaga dan bahkan turun.

3. Penuhi Kebutuhan Tidur
Cobalah anda tidur lebih awal dari biasanya dan rasakan bagaimana segarnya tubuh saat bangun pagi. Menurut beberapa ahli kesehatan memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya akan senantiasa menjaga kestabilan berat badan. Sebab saat tidur sistem metabolisme tubuh tidak ikut istirahat juga akan bekerja lebih aktif daripada saat tidak tidur. Pembakaran lemak akan lebih besar hingga 55% daripada saat terjaga.

Bagaimana bila kurang tidur? kekurangan tidr akan mengurangi hormon leptin dalam tubuh. Leptin merupakan salah satu hormon yang sangat penting dalam mengatur metabolisme tubuh, sehingga kekurangan hormon ini akan menyebabkan lonjakan berat badan. Belum lagi lonjakan nafsu makan yang meningkat berkali lipat.

4. Rutin Sarapan Pagi
Menjadikan sarapan sebagai rutinitas wajib dipagi hari memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tidaklah aneh sebab sebelumnya tubuh sudah beristirahat setidaknya 8 jam untuk tidur atau pasca makan malam. Dengan melakukan sarapan secara rutin akan menjaga metabolisme tubuh agar senantiasa terjaga kesehatannya.

Namun sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Sebab walaupun tubuh membutuhkan asupan makanan bukan berarti boleh mengkonsumsi makanan apasaja tanpa memperhatikan unsur kesehatan dan kebutuhan tubuh. Pilihlah makanan yang dapat memantu metabolisme dapat bekerja dengan baik. Misalnya dengan mengkonsumsi karbohidrat secukupnya, sayuran, sedikit daging, dan segelas susu hangat.

5. Memiliki 6 Porsi Makan Kecil
Salah satu cara yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan adalah dengan memberi jeda 6 porsi makanan kecil diantara 3 kali makan besar atau pokok setiap hari. Makanan besar disini adalah adalah jadwal makan wajib setiap hari, yaitu sarapan di pagi hari, makan siang, dan makan malam. Diantara 3 waktu tersebut terdapat waktu untuk makan kecil diantara jeda makan atau setiap 3 jam sekali kecuali malam hari.

Berdasarkan hasil temuan dan penelitian beberapa ahli bila waktu makan 3 jam sekali dengan makanan kecil dapat meningkatkan kinerja metabolisme hingga 10% lebih tinggi. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi camilan ringan setiap 3 jam setelah makan.

Artikel menarik lainnya: Cara Diet OCD.

6. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Poin yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan saat akan menurunkan berat badan adalah mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. Berkurangnya kalori dalam tubuh akan membuat tubuh menjadi sehat dan terbebas dari berbagai masalah kesehatan terutama masalah berat badan dan perut buncit. Hal ini tidaklah aneh sebab kalori memiliki peranan besar dalam penyimpanan lemak di dalam tubuh terutama pada perut, paha, dan betis. Nah, bila jumlah kalori didalam tubuh berkurang makan lemak akan tersimpan sedikit saja, sehingga berat badan akan turun sesuai dengan keinginan.

Namun perlu diperhatikan agar tidak mengurangi jenis-jenis makanan sehat dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan saran para ahli gizi. Sebab makanan yang kurang unsur gizinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Untuk membantu mengurangi kalori konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak secukupnya. Dengan memenuhi kebutuhan ketiga unsur makan ini anda akan dapat mengotrol penurunan berat badan dengan baik.

7. Hindari Makan Sebelum Tidur
Setelah makan langsung tidur memang terasa nikmat. Apalagi bila makanan yang dikonsumsi sesuai selera tentu makan akan sangat lahap. Saat perut terasa kenyang maksimal rasa kantuk tidak tertahankan akan menyerang tubuh. Bila diikuti bisa jadi tanpa terasa tidur akan sangat nyenyak lupa waktu dan segalanya padahal saat itu bukan waktunya tidur.

Padahal menurut pakar kesehatan tidur setelah makan adalah hal yang harus dihindari karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Diantaranya dapat menyebabkan berat badan meningkat drastis dan sudah pastinya perut akan menjadi buncit. Walau terdapat beberapa mitos ditengah masyarakat yang membolehkan tidur 15 menitan setelah makan. Namun sebaiknya berilah jeda waktu setelah makan setidaknya 2 jam setelah makan karena metabolisme sudah memproses makana dengan baik.

8. Mengkonsumsi Teh Hijau
Teh hijau terbukti dapat menurunkan toksin didalam tubuh serta berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Selain sebagai antioksidan teh hijau juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman karena teh hijau dapat membantu kinerja metabolisme tubuh untuk membakar lemak yang menumpuk di perut dan bagian tubuh lainnya. Untuk membantu pembakaran lemak didalam tubuh disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau setidaknya 2-3 gelas secara rutin setiap hari.

Sebagai catatan yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi teh hijau sangat disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan dengan teratur dan sesuai dengan porsi yang baik. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan pemanis buatan. Saran untuk ikut mengurangi asupan makanan secara drastis tanpa metode yang tepat dan benar hanya sekedar mitos saja sebab dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

9. Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh
Memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air terbukti dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Cara ini selain aman juga dapat dilakukan semua orang karena yang dilakukan hanya memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Adapun kebutuhan tubuh terhadap air setiap harinya adalah sekitar 12 gelas. Setidaknya setiap orang mengkonsumsi air 12 gelas setiap harinya dan sangat disarankan lebih dari itu terutama untuk orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat dan sering duduk.

Mengkonsumsi air juga memberi banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Diantaranya dapat membantu kinerja ginjal agar senantiasa bekerja dengan baik. Air juga akan membantu agar tubuh tidak mengalami dehedrasi. Dehedrasi atau kekurangan cairan merupakan sumber masalah yang besar bagi setiap orang. Karena itu menjaga agar tubuh tidak mengalami dehedrasi adalah sangat penting. Salah satu cara yang sangat mudah adalah dengan memenuhi kebutuhan air setiap hari.

10. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Untuk menurunkan berat badan memang tidak harus dengan menggunakan obat-obatan ataupun melakukan olahraga ekstrem yang melelahkan serta menyita banyak waktu. Cukup dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi juga dapat mengurangi berat badan dengan cepat dan aman.

Adapun makanan yang kaya akan kandungan serat misalnya saja beras merah, roti gandum, sayuran segar, dll. Untuk meningkatkan kinerja metabolisme juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, seperti mentimun, wortelm seledri, dll.

Demikian cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat-obatan yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Anda dapat menerapkan kesepuluh cara diatas dengan baik dan benar atau menerapkan satu persatu secara perlahan dan rutin. Semoga dengan senantiasa konsisten dalam menerapkannya berat badan ideal yang diinginkan dapat anda peroleh.

Fiforlif Rekomendasi Boyke Hebat Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *