Ini Dia Bahaya Berat Badan Berlebih

Bahaya berat badan berlebihan sangat penting diketahui karena resikonya tidaklah ringan bukan hanya sekedar gangguan saja akan tetapi dapat berdampak pada penyakit kronis dan mematikan. Karena itulah pada kesempatan kali ini situs cara menurunkan berat badan akan menyajikan apa saja bahaya negatif yang terjadi bila berat badan berlebihan.

Menyebabkan Penyakit Kronis Mematikan

ini dia bahaya berat badan berlebih
Masalah kegemukan atau obesitas yang disebabkan karena berat badan berlebih secara umum dapat menyebabkan resiko penyakit diabetes dan serangan jantung. Namun, selain kedua penyakit tersebut berdasarkan informasi yang kami kutip dari ABC News masalah obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya yang mematikan karena itu cara menurunkan berat badan banyak dicari. Diantaranya sebagai berikut.

Mengalami Masalah Kesuburan

Kegemukan tidak hanya terkait kepada masalah kesehatan organ tubuh inti saja, tetapi juga memiliki kaitan erat dengan kesuburan. Pada wanita yang mengalami obesitas akan sangat sulit sekali untuk hamil karena mengalami penyakit ovarium polikistik. Penyakit ini merupakan suatu keadaan dimana wanita akan mengalami masalah kesuburan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan di India terhadap 300 orang wanita yang mengalami masalah kegemukan. Dan hasilnya sangat mengejutkan 90% wanita tersebut mengalami masalah pada kesuburan.

Apabila anda mengalai kegemukan pada sudah sangat ingin memiliki momongan namun belum hamil juga, alangkah baiknya konsultasi dengan ahli gizi dan bidan andalan yang ada di daerah anda agar mereka dapat memberikan penanganan dan solusi terbaik bagaimana caranya agar berat badan turun dan dapat segera hamil.

Mengalami Masalah Gangguan Susah Tidur

Kegemukan dapat memicu sulit untuk tidur, sehingga waktu istirahat berkurang dan tidur setiap harinya kurang dari 5 jam. Tahukah anda bahaya sulit tidur yang dialami orang dewasa tidak hanya menyebabkan penyakit ringan saja, akan tetapi dapat memicu serangan jantung, strok, dan penyakit diabetes. Ironisnya berdasarkan data yang ditulis oleh American Sleep Foundation menyebutkan 80% pria dewasa mengalami kesulitan untuk tidur, sehingga mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Sangat disarankan untuk tidur rata-rata 7 jam setiap harinya terutama yang masih dalam usia pertumbuhan agar tubuh sehat dan bebas dari masalah obesitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard Nurse Study menyebutkan orang yang tidur kurang dari 5 jam lebih rentan kegemukan dibandingkan orang yang tidur rata-rata 7 jam perharinya.

Mengalami Sakit Kepala

Sakit kepala adalah masalah yang sering kali terjadi pada wanita atau pria yang mengalami masalah obesitas. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan Jurnal Neurology. Sementara itu peniliti dari Johns Hopkins menemukan fakta bila 81% orang yang mengalami masalah kegemukan akan mengalami sakit kepala sebelah yang sangat parah setidaknya 14 kali dalam sehari. Pada usia diatas 50 tahun migrain akan lebih sering terjadi bila kegemukan tidak diatasi.

Bagi anda yang memiliki tubuh gemuk jangan panik bila mengalami sakit kepala sebelah karena memang kondisi badan yang gemuk adalah penyebabnya. Hal ini terjadi karena tubuh yang gemuk banyak mengeluarkan keringat sedangkan asupan air yang masuk ke dalam tubuh tidak mencukupi, sehingga tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Penuhi kebutuhan air anda dengan banyak minum terutama ketika cuaca panas.

Menderita Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat sulit untuk disembuhkan. Bila sudah terkena penyakit ini, maka sangat sulit untuk disembuhkan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bila 10 % penyakit kanker yang menyerang adalah karena faktor obesitas. Fakta mengejutkan lainnya dari hasil penelitian The Lancet yang menyebutkan dalam tulisannya 41% penderita kanker rahim disebabkan oleh kondisi tubuh yang semakin gemuk.

Melahirkan prematur

Kondisi tubuh yang gemuk sangat tidak menyenangkan bagi yang sedang hamil karena dapat menyebabkan kelahiran yang belum pada waktunya atau prematur. Bagi wanita gemuk yang hamil, ternyata bayang-bayang ketakutan belum berakhir. Penelitian yang diterbitkan Journal of the American Medical Association menemukan fakta, bahwa kelebihan berat badan berhubungan erat dengan proses melahirkan permatur. Terlalu banyak lemak, bisa melemahkan rahim dan selaput leher rahim. Hal ini harus dianggap serius, karena kelahiran prematur merupakan penyebab utama kematian dan cacat bayi jangka panjang.

Setelah mengetahui bahaya berat badan berlebih diatas sebaiknya susun program diet dengan baik agar berat badan turun, sehingga resiko mengalami gangguan kesehatan tidak terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *